Breaking

Thursday, February 1, 2018

Addon Domain .Tech Di cPanel





        Hello guys... untuk melanjutkan artikel sebelumnya mengenai cara mendapatkan top level domain [tech] free, kali ini ane mau ngasih tutorial bagaimana cara setting domain tech pada cPanel. untuk kali ini saya akan memanfaatkan fitur addon domain yang telah tersedia. Kenapa memilih addon domain ?? Saya akan sedikit menjelaskan apa itu addon domain dan keuntungan menggunakan fitur ini terlebih dahulu.

Addon domain adalah menambahkan domain baru di sebuah hosting,  sehingga memungkinkan satu hosting bisa digunakan untuk dua domain atau lebih. Domain yang di addons bisa digunakan untuk membuat website baru, yang sama sekali bisa berbeda dengan domain utama Anda.
Hal ini karena penyimpanan domain Addons, berbeda root directory dengan domain utama, sehingga memungkinkan membuat 2 website dalam 1 hosting. Berikut ane sampaikan keuntungan menggunakan Addon domain : 
1. Anda tidak perlu membuat account hosting baru untuk sebuah domain.
2. Addon domain akan menggunakan resource yang sama dengan domain utama (space, bandwith, dll).
3. Addon domain memiliki FTP manager, website statistic, dan cgi-bin yang akan dibuat secara otomatis.

Catatan : domain yang di addon tidak memiliki akses cPanel.

4. Addon domain dapat diakses menggunakan beberapa alamat.
Contoh: domain utama anda adalah http://www.web1.com dan domain yang akan di add adalah http://www.web2.com. Maka untuk mengakses http://www.web2.com Anda dapat menggunakan:
  • http://www.web2.com,
  • http://www.web1.com/web2
 Untuk selajutnya tutorial settingnya.

Yang pertama harus di lakukan adalah login di akses cPanel anda. Berhubung ane sekarang menggunakan hosting hostgator, maka tampilanya akan sedikit berbeda tapi untuk fungsinya sama saja.

 Pilih fitur Addon Domains, kemudian kalian tulis domain kalian. untuk di bagian Subdomain or FTP Username biarkan default saja setelah itu tulis Password kalian.


 Untuk sampai disini kalian sudah selesai menambahkan domain di hosting anda, berikutnya mengatur name server domain anda agar bisa aktif dan terhubung.
Langkah yang pertama dalah login di http://controlpanel.tech atau tempat kalian membeli domain sama saja sebenernya cuman beda tampilanya.


Urutanya :
- Manage order kemudian pilih list order
- Pilih nama domain anda
- Klik Name Server


Tulis name server hosting kalian, contoh name server seperti :
Ns1.hosting.org
Ns2.hosting.org

Untuk melihat name server hosting anda bisa chek langsung di cPanel ataupun whois lookup pada primary domain yang ada pada hosting anda.

Kemudian klik Update Name Servers.
Sampai disini sudah selesai tinggal tunggu 1x24 jam untuk proses perubahan tersebut.

Jika ada masalah atau masih kurang jelas untuk tutorial di atas anda bisa coment di bagian bawah artikel ini,

Sekian semoga bermanfaat.
if you like monggo di share.

No comments:

Post a Comment